ADMINISTRASI ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Asesmen Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan
pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi
lulusan untuk semua mata pelajaran.
Dengan adanya Asesmen Madrasah maka perlu di buatkan administrasi sebagai pendukung pelaksanaan Asesmen Madrasah agar kegiatan berjalan sesuai prosedur dan tertib administrasi.
Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah dan pembentukan panitia pembuatan administrasi Asesmen Madrasah.
Kumpulan Administrasi
Asesmen Madrasah Tahun 2024
BAB I
PENDAHUAN
A. Latar Belakang
Penilaian hasil belajar merupakan
salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk
mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di
madrasah meliputi; 1) penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk
mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi
dasar (KD) atau lebih; 2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang
dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir
semester ganjil; 3) Penilaian
Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian
kompetensi peserta didik pada akhir semester genap;
dan 4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan
untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.
Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada
satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. AM diikuti oleh peserta didik pada
akhir jenjang pendidikan pada Madrasah MTs Darul Ulum sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut
menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan
dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi
lulusan bagi peserta didiknya.
Dalam rangka standarisasi
penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka kami panitia Asesmen Madrasah dalam satuan pendidikan MTs Darul Ulum menyusun dan menetapkan Program Kerja (PK) Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi
pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024.
B. Dasar
Penyelenggaraan Asesmen Madrasah
1. Keputusan
Menteri Agama melalui Direktur Jenderal Pendidika Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur
Standar Penyelenggaraan Asesmen
Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.
2. Rapat Kepala
Madrasah dan Dewan Guru MTs Darul Ulum Hari ……..
tanggal …… Maret 2023 Tentang Pembentukan Panitia Asesmen Madarasah dan Program Kerja Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024
C.
Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah
Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik
sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan.
Asesmen Madrasah berfungsi sebagai :
1) Indikator pencapaian kompetensi peserta
didik
2) Umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses
pembelajaran dan perbaikan
mutu pendidikan di waktu berikutnya.
3) Pemenuhan salah satu syarat penentuan
kelulusan
D. Prosedur
Operasional Asesmen Madrasah
1. Madrasah MTs Darul Ulum adalah satuan
pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan
umum dan kejuruan dengan kekhasan agama Islam.
2. Asesmen Madrasah yang selanjutnya disingkat AM adalah ujian yang
diselenggarakan oleh MTs Darul Ulum yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan
mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
3. Kisi-kisi AM adalah acuan untuk mengembangkan
dan merakit naskah soal AM yang disusun
berdasarkan kriteria pencapaian Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.
4. Paket naskah soal AM adalah variasi perangkat
tes, terdiri atas sejumlah butir soal atau penugasan
kelas VII,VIII dan IX yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi AM.
5. Lembar Jawaban Asesmen Madrasah yang
selanjutnya disingkat LJAM adalah salah
satu bentuk lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal tes
tulis AM.
6. Bahan AM adalah bahan yang digunakan dalam
penyelenggaraan AM yang mencakup naskah soal atau naskah tugas, LJAM atau
lembar pengamatan/lembar penilaian, berita acara, daftar hadir, dan tata tertib
7. Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang selanjutnya
disingkat MGMP dan sejenisnya adalah yang mengembangkan soal-soal Asesmen Madrasah
berdasarkan kisi-kisi sesuai KMA 183.
8. Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dalam
jaringan (daring).
9. Hal-hal lain yang berhubungan dengan
pelaksanaan Asesmen Madarasah MTs Darul Ulum tercantum dalam Program Kerja.
BAB II
PESERTA ASESMEN MADRASAH
A. Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah
1. Jenjang MI/MTs/MA:
a.
Terdaftar pada tahun
terakhir pada MTs Darul Ulum
b.
Memiliki Nomor Induk
Siswa Nasional (NISN)
c.
Memiliki laporan
lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas VII
semester I sampai dengan kelas IX semester I.
d.
Memiliki laporan
lengkap penilaian hasil belajar mulai semester I sampai dengan semester V untuk
penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS).
e.
Jumlah peserta Asesmen
Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 terdiri
dari :
Laki-laki : 22
Perempuan: 29
Dengan rincian jumlah
sebagai berikut:
KELAS |
L |
P |
NO. PESERTA |
JUMLAH |
9 |
22 |
29 |
24-13-32-2-0617-0001 s.d 24-13-32-2-0617-0052 |
51 |
JUMLAH TOTAL PESERTA |
|
NB. Atas
nama AULA ZIYANAH ABIDAH
HARAHAP no Peserta 24-13-32-2-0617-0022 NISN 0097795977 dinyatakan mengundurkan
diri Karena tidak ada Kabar setelah Pelaksanaan Nominasi Peserta
Dafrat
Peserta ASESMEN MADRASAH Terlampir
B.
Hak dan Kewajiban
Peserta Asesmen Madrasah
1.
Hak Peserta AM
a.
Setiap peserta didik
yang telah memenuhi persyaratan.
b.
Peserta AM yang karena alasan tertentu dan
disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti
AM utama dapat mengikuti AM susulan.
2.
Kewajiban Peserta AM
a.
Peserta AM wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.
b.
Peserta AM wajib mematuhi tata tertib
peserta AM.
C.
Pendataan Peserta Asesmen Madrasah
1.
Pendataan peserta AM MTs Darul Ulum
2.
Kepala Madrasah
penyelenggara AM menetapkan daftar peserta ujian dalam bentuk surat keputusan.
3.
Kepala madrasah
mengatur dan menetapkan nomor peserta AM MTs Darul Ulum.
4. Kepala Madrasah sebagai penyelenggara AM menerbitkan kartu peserta AM.
Contoh Kartu Peserta Asesmen Madrasah MTs
Darul Ulum
Kartu Pesrtta ASESMEN MADRASAH Terlampir
BAB III
BENTUK DAN
MATERI ASESMEN MADRASAH
A. Bentuk Asesmen
1.
Bentuk Asesmen Madrasah pada MTs Darul Ulum berupa:
a. ujian tulis (ujian semi online)
b. ujian praktek Tahfidz Juaz 30
c. penugasan, dan/atau
d. portofolio
2. Mata pelajaran Baca Tulis Al-Quran, Seni Budaya, Prakarya, serta mata pelajaran tertentu atas pertimbangan
mutu pengukuran, diujikan dalam bentuk praktek atau penugasan.
B.
Materi Ujian
1. Materi Asesmen untuk mata pelajaran umum mengacu
pada kurikulum 2013 yang ditetapkan Kemendikbud.
2. Materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang
Kurikulum Pendidikan Agama Islam
dan Bahasa Arab di Madrasah.
3.
Materi Asesmen MTs Darul Ulum meliputi materi kelas VII, VIII dan IX
C.
Kisi-Kisi AM
1.
Kisi-kisi AM mata pelajaran selain PAI dan Bahasa Arab disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah
penyelenggara AM.
2.
Kisi-kisi AM mata pelajaran Al Quran-Hadis,
Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.
3. Kisi-kisi AM disusun berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) kurikulum yang
berlaku.
D.
Naskah Soal AM
1. Naskah soal AM disusun oleh Guru/kelompok guru mata pelajaran MI/MTs/MA
2. Naskah soal AM disusun dengan mengacu pada kisi-kisi AM.
3. Naskah soal atau tugas tidak mengandung unsur SARA, paham ektrim,
radikal, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka
Tunggal Ika dan NKRI.
4. Jumlah butir soal online untuk Asesmen
Madrasah masing-masing mata pelajaran sebanyak 50 butir soal.
E.
Prosedur Penyusunan
Kisi-kisi dan Soal
1.
Kepala madrasah
menetapkan guru penyusun
kisi-kisi dan soal AM.
2.
Guru menyusun kisi-kisi
soal AM.
3.
Guru menyusun naskah
soal AM utama dan susulan yang
mengacu pada kisi-kisi soal.
4. Validasi naskah soal AM oleh guru yang ditetapkan oleh kepala madrasah.
5.
Finalisasi naskah soal
oleh guru mata pelajaran.
6. Penyusun naskah soal menyerahkan kepada panitia AM di madrasah untuk digandakan
dan/atau diinput pada aplikasi ujian yang digunakan pada setiap madrasah.
F.
Upload Naskah Soal
Penggandaan atau upload naskah soal dan kelengkapannya ke aplikasi EXTRAORDINARY Versi VDI Link download https://ekstraordinary.com/ dilakukan oleh panitia dan operator Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum
BAB IV
PANITIA & PELAKSANAAN ASESMEN MADRASAH
A. Panitia Asesmen Madrasah
Panitia Asesmen Madrasah
sesuai dengan hasil rapat dewan guru dan kepala MTs Darul Ulum pada tanggal 01 Maret 2024 yang kemudian ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK)
Nomor: 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/03/2024
tentang penetapan Panitia Penyelenggara Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan susunan
panitia sebagai berikut:
Penanggung
Jawab |
: WIWIN
ESTI RAHAYU, S.Pd |
Ketua
Pelaksana |
: WAHYU
PANGESTUTIK, S.E |
Sekretaris |
: ZAKYATUL
MUKARROMAH, S.S |
Bendahara
1 |
: MOH.
HISBULLAH HUDA, S.Pd.I |
Operator
|
: M.
MUSTAQIM, S.Pd |
Anggota |
: MOH.
IMAM MUZAQI |
|
: RIDA
SAROH, S.Pd.I |
|
: FATIHATUL
INSIYAH, S.Pd |
|
: KHOLIQ,
S.Ag |
|
: |
B. Mata Pelajaran Asesmen Madrasah
Mata pelajaran yang diujikan dalam Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum meliputi seluruh mata pelajaran pada kelas
akhir masing-masing jenjang pendidikan. Berikut mata pelajaran yang diujikan
pada Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024:
1 |
Alqur'an Hadits |
2 |
Fiqih |
3 |
Akidah Akhlak |
4 |
SKI |
5 |
Bahasa Arab |
6 |
Bahasa Indonesia |
7 |
Bahasa Inggris |
8 |
Matematika |
9 |
IPA |
10 |
IPS |
11 |
PPKN |
12 |
Bahasa
Jawa |
13 |
Informatika |
14 |
Seni Budaya (PRAKTEK) |
15 |
Prakarya (PRAKTEK) |
16 |
PJOK (PRAKTEK) |
C. Jadwal Asesmen Madrasah
Jadwal Asesmen Madrasah
secara daring pada satuan pendidikan MTs
Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan
dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: Ketuntasan Kurikulum di MTs Darul Ulum Kalender Pendidikan MTs Darul Ulum Jadwal Pengumuman Kelulusan, dan Jadwal
Pelaksanaan AM berdasarkan JUKNIS AM Kementerian Agama RI.
Berikut Jadwal Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum
JADWAL ASESMEN MADRASAH
(AM) |
||||||
TAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
||||||
No. |
H A R I |
WAKTU |
JAM |
MATA PELAJARAN |
WAKTU DURASI |
|
|
Setiap Hari |
06:30 - 07:30 |
|
SHOLAT DUHA DAN PEMBIASAAN DIRI |
60 Menit |
|
1 |
Senin |
07:30 - 09:00 |
1 |
Bahasa
Indonesia |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
Aqidah-Akhlaq |
90 Menit |
|||
2 |
Selasa |
07:30 - 09:00 |
1 |
Bahasa Inggris |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
Quran-Hadits |
90 Menit |
|||
3 |
Rabu |
07:30 - 09:00 |
1 |
Matematika |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
Fiqih |
90 Menit |
|||
4 |
Kamis |
07:30 - 09:00 |
1 |
I P A |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
S K I |
90 Menit |
|||
5 |
Jumat |
07:30 - 09:00 |
1 |
I P S |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
INFORMATIKA |
90 Menit |
|||
6 |
Sabtu |
07:30 - 09:00 |
1 |
P P Kn |
90 menit |
|
09:00 - 09:30 |
|
ISTIRAHAT |
30 Menit |
|||
09:30 - 11:00 |
2 |
Bahasa Arab |
90 Menit |
|||
11:00 - 11:15 |
|
ISTIRAHAT |
15 Menit |
|||
11:15 - 12:00 |
3 |
Bahasa Daerah |
60 Menit |
|||
|
|
|
|
|
|
|
1 |
SENIN, 06 MEI 2024 |
07:30 - SELESAI |
1 |
PRAKARYA |
PRAKTEK |
|
2 |
SELASA, 07 MEI 2024 |
07:30 - SELESAI |
1 |
PENJASKES |
PRAKTEK |
|
3 |
RABU |
07:30 - SELESAI |
1 |
TATA BOGA |
PRAKTEK |
D. Moda Pelaksanaan Asesmen Madrasah
Pada tahun ini MTs
Darul Ulum menyelenggarakan Asesmen Madrasah
dalam jaringan (daring). Alasannya untuk menghemat pengeluaran kertas selama pelakasanaan asesmen madrasah.
E. Media yang digunakan dalam Asesmen Madrasah
1. Extraordinary CBT sebagai pusat pengolahan soal-soal ujian dan
nilai hasil asesmen
2. Media sosial seperti Whatsapp
3. Komputer, Laptop dan Handphone
F. Pemeriksaan dan Pengolahan Nilai Hasil Asesmen Madrasah
Karena ujian dilaksanakan dalam jaringan
(daring), maka proses pemeriksaan dan pengolahan nilai hasil Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum dilakukan secara komputerisasi.
G. Tempat Asesmen Madrasah
Dilaksanakan dalam 3 ruang Ruang 01 ada di
Ruang Lab Komputer , Ruang 02 ada di ruang kelas 7b dan Ruang 03 ada di ruang
kelas 8a.
G.1 Denah Tempat Duduk Peserta
Terlampir
H. Link Soal Asesmen Madrasah
Untuk Link siswa menggunakan Jaringan Wifi
Local Tersedia di setiap Ruang Ujian
Dan Google chrome dengan ngtik Alamat
address : 192.168.0.222
I. Tata Tertib Asesmen Madrasah
TATA
TERTIB ASESMEN MADRASAH (AM)
DARING
MTs DARUL
ULUM
TAHUN
PELAJARAN 2023/2024
1.
Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM) Daring akan
dilaksanakan mulai hari Senin, 22 April 2024 s.d. hari Rabu 08 Mei 2024
2.
ASESMEN MADRASAH (AM) Daring
adalah kegiatan yang wajib diikuti dengan penuh rasa ikhlas, semangat, tanggung
jawab dan mandiri karena ASESMEN MADRASAH (AM) merupakan
salah satu syarat kelulusan;
3.
Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM) Daring
diperuntukkan bagi siswa yang aktif selama PJJ berlangsung, dan telah memenuhi
persyaratan yang telah ditentukan;
4.
Peserta didik yang tidak tercantum namanya di form ASESMEN MADRASAH (AM) wajib
menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mapel baik itu semester
Ganjil maupun Semester Genap
5.
Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM) dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah di share di
grup ASESMEN MADRASAH (AM)
6.
Peserta didik diwajibkan masuk grup ASESMEN MADRASAH (AM) karena di
grup tersebut akan diinformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan ASESMEN MADRASAH (AM) Daring;
7.
Media yang digunakan Smartphone (Hp) Android / direkomendasikan
menggunakan komputer atau laptop;
8.
Tidak perlu koneksi internet Karena Menggunakan Jaringan LAN;
9.
Bagi peserta didik yang sedang tidak bearada di rumah (non
PSBB/mudik/unsocial distancing) di luar tanggung jawab sekolah apabila ada
kendala atau hal-hal yang memberatkan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan
ASESMEN MADRASAH (AM) Daring;
10. Bagi peserta didik yang tidak mempunyai HP
pelaksanakan ASESMEN MADRASAH (AM) Daring
dilaksanakan di LAB Komputer;
11. Pastikan sudah membaca jadwal dan panduan
sebelum mengerjakan soal;
12. Link dan Password akan dikirimkan di grup AM sesuai jadwal 10 menit sebelum ASESMEN MADRASAH (AM) Daring dilaksanakan;
13. Asesmen ini hanya 1x respons tiap mata pelajaran,
artinya siswa harus menyelesaikan terlebih dahulu soal mata pelajaran yang
diujikan, jika belum selesai (dengan sengaja atau tidak sengaja keluar ) tidak
bisa masuk kembali ke mata pelajaran yang sedang dikerjakan tadi dan dianggap
selesai ;
14. Panitia akan menganulir (membatalkan) bagi
siswa yang sudah kirim hasil padahal ujian baru saja berlangsung dan tidak
diberi kesempatan untuk mengulang;
15. Panitia akan menganulir (membatalkan) bagi
siswa yang kirim hasil lebih dari satu kali (menggunakan akun lain) dan tidak
diberi kesempatan untuk mengulang;
16. Peserta Asesmen wajib menyelesaikan segala macam tunggakan
seperti LKS, Infaq dan biaya asesmen Madrasah;
17. Adapun hal-hal yang belum tercantum dalam
prosedur ASESMEN MADRASAH (AM) Daring ini, akan diinformasikan selama kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM) Daring
berlangsung.
BAB V
KRITERIA PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN
A. Kriteria Kelulusan
Kriteria kelulusan peserta didik dari
satuan pendidikan mempertimbangkan hal-hal berikut:
1.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
2.
Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
3.
Mengikuti Asesmen Madrasah yang diselenggarakan oleh satuan
pendidikan.
B. Penetapan Kelulusan
1.
Kelulusan peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan guru MTs Darul Ulum
2.
Rumus perhitungan nilai kelulusan peserta didik sesuai dengan ketentuan
dan perhitungan MTs Darul Ulum
3.
Keputusan rapat kelulusan peserta didik dituangkan dalam sebuah berita
acara.
4.
Kepala madrasah menetapkan kelulusan peserta didik dalam bentuk Surat
Keputusan.
5.
Kepala madrasah melaporkan kelulusan peserta didik kepada Kantor
Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
C. Pengumuman Kelulusan Satuan Pendidikan
Pengumuman kelulusan MTs Darul Ulum diperkirakan selambat-lambatnya tanggal 08 juni 2024.
BAB VI
ANGGARAN BIAYA ASESMEN MADRASAH
ITEM |
|
SATUAN (RP) |
VOL |
JUMLAH |
PENDAPATAN |
|
200.000 |
51 |
10.200.000 |
PERSIAPAN |
1. Rapat Panitia 1 |
150000 |
1 |
150000 |
2. Rapat Panitian 2 |
150000 |
1 |
150000 |
|
3. Rapat Dewan Guru |
200000 |
1 |
200000 |
|
4. Penyusunan Kisi-Kisi dan soal AM |
100000 |
16 |
1600000 |
|
5. Kuota Internet Aplikasi AM |
200000 |
2 |
400000 |
|
6. Pas Foto siswa |
40000 |
51 |
2040000 |
|
7. Pembekalan Sebelum Pelaksanaan AM |
254800 |
1 |
254800 |
|
PELAKSANAAN |
ATK |
|
|
|
1. KERTAS A4 2 REM |
55000 |
2 |
110000 |
|
2. Fotocopy berita acara dan absen |
200 |
32 |
6400 |
|
3. Tinta print |
180000 |
1 |
180000 |
|
MONITORING DAN EVALUASI |
|
|
|
|
TRANSPORT |
|
|
|
|
Transport Panitia 10 org ( 50.000 x 9 Hari) |
50000 |
16 |
800.000 |
|
Pengawas Ruang |
50000 |
16 |
800.000 |
|
OPERASIOANL OPERATOR |
|
|
|
|
1. Entri Soal AM pada Aplikasi |
15000 |
16 |
240000 |
|
2. Mengoperasikan Server |
20000 |
8 |
160000 |
|
3. Pengelolaan Hasil AM |
20000 |
16 |
320000 |
|
JUMLAH |
|
|||
KONSUMSI PANITIA DAN PENGAWAS RUANG |
20000 |
16 |
320000 |
|
PENGELOLAAN NILAI |
15000 |
16 |
240000 |
|
|
|
|
0 |
|
IJAZAH |
|
|
0 |
|
1. Entri Nilai Ijazah Pada PDUM (Operator) |
5000 |
51 |
255000 |
|
2. Penulisan Ijazah ( Penulis) |
18000 |
51 |
918000 |
|
3. Arsip Ijazah (fotokopi) |
200 |
204 |
40800 |
|
4. MAP Ijazah |
15000 |
51 |
765000 |
|
|
|
|
|
0 |
|
LAPORAN Pertanggungjawaban |
250000 |
1 |
250000 |
|
|
|
|
|
TOTAL PENGELUARAN |
|
|
10.200.000 |
BAB VII
PENUTUP
Program dan prosedur Asesmen Madrasah
(POS AM) ini disusun untuk digunakan sebagai
panduan bagi Guru, Kepala Madrasah, Pengawas, pengelola pendidikan, dan
pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan asesmen madrasah, khususnya di MTs Darul Ulum Harapan kami semoga pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Daring ini berjalan sesuai jadwal yang telah
ditentukan dan semoga penyelenggaraan asesmen madrasah dapat dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien.
WAHYU PANGESTUTIK, S.E
NIP. |
|
Sekretaris,
ZAKYATUL MUKARROMAH,S.S
NIP. |
Kepala MTs Darul Ulum
WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd
NIP. |
||
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
YAYASAN QOTROTUL ULUM KARANGREJO |
|
NSM : : 121235090037 STATUS : TERAKREDITASI NPSN
:20581469 |
Jl. KH.
Abdullah Hanafi No. 129 Telp. 08126918818 Kode Pos . 68165 |
KARANGREJO
GUMUKMAS JEMBER |
Email: madrasahtsanawiyahdu@gmail.com Wbsite: http://mtsdarululumgumukmas.com/ |
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL
ULUM
NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024
TENTANG
PELAKSANAAN KEGIATAN ASESMEN MADRASAH
(AM)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM
Menimbang :
a. Berdasarkan amanat Keputusan Direktur
Jenderal Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 dijelaskan bahwa perlu dibentuk Panitia
Penyelenggara Asesmen Madrasah Pada Tingkat Satuan Pendidikan.
b. Bahwa untuk memudahkan satuan pendidikan
dalam rangka mengukur Standar Kompetensi Lulusan.
c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana
dimaksud huruf a, dan huruf b perlu menetapkan Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum tentang Susunan Panitia Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024
Mengingat :1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara
Republik Indonesia Nomor 4301);
2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan
Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan
Menengah;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan oleh
Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional:
5. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Memperhatikan : Hasil
rapat Kepala Madrasah beserta Guru dan staf MadrasahTsanawiyah Darul Ulum Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember pada hari Senin, 01 Maret 2024 tentang Susunan Kepanitiaan Asesmen
Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.
MEMUTUSKAN :
Menetapkan : KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL
ULUM NOMOR 027 TAHUN 2024 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024.
Kesatu : Menetapkan Susunan Panitia Ujian Tahun
Pelajaran 2023/2024 sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang
tak terpisahkan dari keputusan ini
Kedua : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal
ditetapkan
Ditetapkan di Jember
Kepala Madrasah
Tsanawiyah Darul Ulum
WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd
NIP.
LAMPIRAN 1
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL
ULUM
NOMOR :
027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024
TENTANG SUSUNAN PANITIA ASESMEN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
No |
Nama |
Jabatan Kepanitian |
Keterangan |
1. |
WIWIN ESTI
RAHAYU, S.Pd |
Penanggung Jawab |
Kepala Madrasah |
2. |
WAHYU
PANGESTUTIK, S.E |
Ketua Panitia |
Waka Kurikulum |
3. |
MOH. HISBULLAH
HUDA, S.Pd.I |
Bendahara |
Bendahara |
4. |
ZAKYSTUL
MUKARROMAH,S.S |
Sekertaris |
GURU |
5. |
M. MUSTAQIM,
S.Pd |
Proktor |
Operator |
6. |
MOH. IMAM
MUZAQI |
Seksi Perlengkapan |
Guru Madrasah |
7. |
RIDA SAROH,
S.Pd.I |
Seksi Kesekretariatan |
Guru Madrasah |
8. |
FATIHATUL
INSIYAH,S.Pd |
Seksi Konsumsi |
Waka Sarpras |
9. |
KHOLIQ, S.Ag |
Seksi Humas |
Guru Madrasah |
10 |
MASHUDI, S.Pd.I |
PENULIS IJAZAH |
Guru |
Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum
WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd
NIP. ………………….
LAMPIRAN 2
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL
ULUM
NOMOR :
027/YQU/MTs.DU/SK-AM/03/2024
TENTANG TIM PENYUSUN SOAL ASESMEN MADRASAH
(AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024
No. |
Pembuat Soal Mata Pelajaran |
Nama |
Keterangan |
1 |
Alqur'an Hadits |
KHOLIQ,
S.Ag |
K13 |
2 |
Fiqih |
SHOIM,S.Ag |
K13 |
3 |
Akidah Akhlak |
RIDA
SAROH,S.Pd.I |
K13 |
4 |
SKI |
M.
SYAMSUL,S.Ag |
K13 |
5 |
Bahasa Arab |
ZAKYATUL MUKARROMAH,M.S.S |
K13 |
6 |
Bahasa Indonesia |
M.
KOWIM,S.Pd |
K13 |
7 |
Bahasa Inggris |
M. MUSTAQIM,S.Pd |
K13 |
8 |
Matematika |
WIWIN ESTI
RAHAYU,S.Pd |
K13 |
9 |
IPA |
SYAMSUL
BAHRI,S.Pd |
K13 |
10 |
IPS |
WAHYU
PANGESTUTIK,S.E |
K13 |
11 |
PPKN |
FATIHATUL
INSIYAH,S.Pd |
K13 |
12 |
Bahasa Jawa |
ZAKYATUL
MUKARROMAH |
K13 |
13 |
Informatika |
MUSTAQIM, S. Pd |
K13 |
14 |
Seni Budaya (PRAKTEK) |
RIDA SAROH |
K13 |
15 |
Prakarya (PRAKTEK) |
RIDA
SAROH,S.Pd |
K13 |
16 |
PJOK (PRAKTEK) |
AGUS SALIM,S.Ag |
K13 |
|
|
Ditetapkan di |
: |
JEMBER |
|
|
Pada tanggal |
: |
19 Februari 2024 |
|
|
Kepala MTs DARUL ULUM
WIWIN ESTI
RAHAYU, S.Pd NIP. -- |
LAMPIRAN 3
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL
ULUM
NOMOR :
027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024
TENTANG PENGAWAS RUANG ASESMEN MADRASAH
(AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024
NO. URUT |
KODE PENGAWAS |
NAMA PENGAWAS |
MATA PELAJARAN YANG DIAMPU |
1 |
E |
KHOLIQ, S.Ag |
Alqur'an Hadits |
2 |
P |
SHOIM,S.Ag |
Fiqih |
3 |
M |
RIDA SAROH,S.Pd.I |
Akidah Akhlak |
4 |
L |
M. SYAMSUL,S.Ag |
SKI |
5 |
K |
ZAKYATUL MUKARROMAH,M.S.S |
Bahasa Arab |
6 |
F |
M. KOWIM,S.Pd |
Bahasa Indonesia |
7 |
I |
AGUS SALIM,S.Ag |
Bahasa Inggris |
8 |
J |
SYAMSUL BAHRI,S.Pd |
IPA |
9 |
D |
FATIHATUL INSIYAH,S.Pd |
PPKN |
10 |
O |
ABU JAUHARI |
IPA |
11 |
N |
MOCH. ALI KASMURI |
B. ARAB |
Ditetapkan di : Jember
Kepala Madrasah,
WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd
NIP. ………………………………
LAMPIRAN 4
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM
NOMOR :
027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024
DAFTAR PESERTA ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024
No |
Nama Lengkap |
NISN |
Jenis Kelamin |
Tempat Lahir |
Tanggal Lahir |
Tingkat - Rombel |
1 |
ADIT TIYA KURNIAWAN |
0099707494 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-07-01 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
2 |
AHMAD ROMADHONI |
0083067724 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-08-30 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
3 |
ANGGI DIAN RAHMAWATI |
0081994841 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-12-02 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
4 |
DEVI RAHMAWATI |
3094475710 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-05-04 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
5 |
DEWI HURIYAHTUL HIDAYAH |
3089813532 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-08-15 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
6 |
DEWI SANTI RAMADHANI |
3084895032 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-09-22 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
7 |
FAHMI AWANADHI MAFTUH |
0084239150 |
Laki-laki |
BANYUWANGI |
2008-10-14 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
8 |
FAUZIAH KARIMAH EKA ANUGRAH |
0085555768 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-07-03 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
9 |
IRA SAFIRA |
0097491605 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-12-26 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
10 |
KEVIN ANDIKA |
0099797438 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-05-23 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
11 |
KHOIRUL ANAM |
3097440834 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-06-03 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
12 |
LUTFI ROSALINDA |
0098905103 |
Perempuan |
BANYUWANGI |
2009-01-03 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
13 |
M. AZIZ AGUNG SAPUTRA |
0091644817 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-11-20 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
14 |
M. NUR HAKIKI |
3087457154 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-12-24 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
15 |
MOH ANDIKA |
0081560878 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-04-18 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
16 |
MUHAMMAD ISLAM ABDILBAR |
0082207540 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-08-16 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
17 |
NAILAL 'IZZAH |
0102930702 |
Perempuan |
JEMBER |
2010-03-03 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
18 |
NAZRIL ILHAM IVANTIYO |
3097372988 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-12-29 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
19 |
NURIL LATIFAH |
3093415128 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-05-22 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
20 |
OKTAVIONA CHUSNIA RAHMAWATI |
0093573264 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-10-05 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
21 |
QISMAYYA SYIFA'UL AF IDAH |
3096048383 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-09-28 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
22 |
RAHMAD ALI JAKA SUSANTO |
0094201009 |
Laki-laki |
DENPASAR |
2009-07-21 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
23 |
RISKA AYU WIDYANINGRUM |
0089885174 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-02-21 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
24 |
SELA DWI AYU LESTARI |
0094349137 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-03-21 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
25 |
SITTI ROFITA |
3082370924 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-12-11 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
26 |
SYARIF AHMAD HIDAYATULLAH |
0088820166 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-04-30 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
27 |
VINA ROSADAH |
3099339718 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-06-19 |
Kelas 9 - Kelas 9a |
28 |
ADINDA SYIFAUR ROHMA |
3099550113 |
Perempuan |
LUMAJANG |
2009-03-29 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
29 |
ALVIN NUR ROHMAN |
0095276804 |
Laki-laki |
BOJONEGORO |
2009-06-12 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
30 |
ASHILA MAULIDA |
3094540692 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-03-18 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
31 |
AULA ZIYANAH ABIDAH HARAHAP |
0097795977 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-03-31 |
Mengundurkan diri |
32 |
AYUNDA DINI FAJRIYAH |
0098612440 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-03-21 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
33 |
CAHAYA MAULIDIA FEBRIANI |
0098796162 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-02-26 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
34 |
DEVI RAMADANI |
0082078300 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-09-04 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
35 |
ECCHA SANDRA MUSTIKA |
3092549321 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-10-06 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
36 |
FARDA ROBI'ATUL ADAWIYAH |
0083234112 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-07-27 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
37 |
FIRMANSYAH HIDAYAT VELANI |
0092751819 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-07-15 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
38 |
FITRI DEWI ANJANI |
3080592827 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-10-06 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
39 |
IBROHIM BIN ADHAM |
0096673981 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-02-01 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
40 |
IKA MAULITA APRILIA |
3108044811 |
Perempuan |
JEMBER |
2010-04-12 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
41 |
MARFELA TRI JUNIA SARI |
0099285878 |
Perempuan |
RUMAK |
2009-03-02 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
42 |
MOCH. FIKRY RAZIEF AL FIROSYI |
0093428748 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-01-01 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
43 |
MOHAMMAD EDWIN HABIBULLAH |
3095773309 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-06-16 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
44 |
MOHAMMAD YACHYA SAPUTRA |
0084566836 |
Laki-laki |
JEMBER |
2008-10-05 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
45 |
MUHAMMAD ABDUL KIROM SIDIQ |
0084720232 |
Laki-laki |
JEMER |
2008-12-19 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
46 |
MUHAMMAD SEPTIAN ALFARISY |
0075057833 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-09-25 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
47 |
MUKHAMAD KHOIRUL UMAM |
3092518295 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-03-19 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
48 |
NOVELIA PUTRI SHINTA |
0085229365 |
Perempuan |
JEMBER |
2008-11-21 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
49 |
RIFATUL MUNAWAROH |
3086820165 |
Perempuan |
LUMAJANG |
2008-11-30 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
50 |
SYIFA AULIA HASNA |
0099762799 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-01-08 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
51 |
VERY BANU ARGI |
3092212667 |
Laki-laki |
JEMBER |
2009-05-14 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
52 |
YULIANA LAILATUS SHOLIKHA |
3091254275 |
Perempuan |
JEMBER |
2009-05-13 |
Kelas 9 - Kelas 9b |
|
Ditetapkan di |
: |
JEMBER |
|
Pada tanggal |
: |
19 Februari 2024 |
|
Kepala MTs DARUL ULUM
WIWIN ESTI
RAHAYU, S.Pd NIP. -- |
mushola |
11
RUANG 02 |
14 RUANG 03 |
13 |
15 |
12 SEKERTARIAT |
9 |
3 |
10 |
4 |
1 |
6 |
Lap.
Olahraga |
U |
JALAN UMUM |
5 |
2 LAB KOMPUTER RUANG 01
|
8 |
7 |
AULA |
WC PEREMPUAN |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar