Cara Cepat Membuat Sertifikat Online Otomatis Dengan Google Form menggunakan Powerpoint dan Excel document
- Persiapan Sebelum Membuat Sertifikat Online
- 1. Membuat Akun Google
- 2. Membuat Form Pendaftaran Dengan Google Form
- 3. Membuat Spreadsheet Untuk Google Form
- 4. Menginstall Add-Ons Autocrat di Google Spreadsheet
- Proses Membuat Sertifikat Online Automatis
- 1. Mendesain sertifikat menggunakan google slides
- 2. Menghubungkan Isian Form Sertifikat Menggunakan Addon Autocrat
- Hasil Sertifikat Online
Sertifikat online atau e-sertifikat adalah suatu bentuk penghargaan yang di berikan kepada peserta atau narasumber pada acara seminar. Dengan sertifikat yang diperoleh, seseorang dapat menggunakannya untuk melamar kerja atau untuk dokumen kenaikan pangkat akademik bagi seorang dosen.
Di era serba digital sekarang ini, hampir semuanya dituntut untuk serba online, mulai dari perkuliahan, rapat, dan kegiatan seminar.
Jika Anda yang sering mengadakan kegiatan seminar online, tentu Anda ingin mendatangkan peserta agar dapat berjalan dengan baik.
Persiapan Sebelum Membuat Sertifikat Online
Sebelum Anda membuat sertifikat-nya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu membuat akun Google, membuat form pendaftaran, menyiapkan desain sertifikat, dan menginstall Add on Autocrat.
Jika kamu belum mempersiapkan beberapa hal di atas yang telah disebutkan, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Membuat Akun Google
Anda harus memiliki Akun Google jika ingin membuat sertifikat online, karena akun tersebut yang digunakan untuk mengakses aplikasi Google Form dan aplikasi Google lainnya.
Jika Anda belum punya akun Google, langsung klik link Sign up dan lengkapi data seperti nama depan, nama akhir, username, dan password.
2. Membuat Form Pendaftaran Dengan Google Form
Form pendaftaran merupakan fasilitas yang digunakan untuk merekam data calon peserta, dengan mengisi data nama lengkap dan alamat email, untuk keperluan daftar hadir dan sertifikat online-nya.
Untuk membuat formulir pendaftaran online dibuat menggunakan aplikasi Google Form. Namun sebelumnya Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google Anda yang sudah terdaftar.
Selanjutnya buat folder baru terlebih dahulu dengan mengklik My Drive, kemudian klik New Folder.
Kemudian beri nama folder dengan nama yang Anda inginkan, misalnya nama foldernya adalah “Sertifikat Online” Klik CREATE.
Anda juga harus mengaktifkan limit response pada formulir, agar peserta hanya dapat menginput datanya satu kali.
Untuk mengaktifkan limit response, Anda klik tombol pengaturan yang ada di bagian atas, disamping tombol Send. Setelah Anda klik, selanjutnya centang Limit to 1 response dan klik tombol Save.
3. Membuat Spreadsheet Untuk Google Form
Langkah selanjutnya setelah mengatur form pendaftaran, Anda harus membuat spreadsheet untuk melihat data responses yang di isi oleh peserta.
4. Menginstall Add-Ons Autocrat di Google Spreadsheet
Setelah berhasil membuat file spreadsheet untuk formulir pendaftarannya, selanjutnya Anda harus menginstall Add-ons Autocrat.
Langkah untuk menginstal Autocrat yaitu pertama klik menu Add-ons dan pilih Get add-ons.
Proses Membuat Sertifikat Online Automatis
Desain sertifikat dapat dibuat menggunakan aplikasi desain seperti photoshop, corel draw, canva, dan aplikasi desain lainnya. Namun pada artikel ini, untuk desain sertifikat online-nya kita gunakan aplikasi Google Slides.
Untuk menjalankan aplikasi Google Slides, Anda harus kembali kehalaman Google Drive. Kemudian klik My Drive dan arahkan kursor di atas Google Slides dan selanjutnya klik Blank presentation / template.
1. Mendesain sertifikat menggunakan google slides
Langkah selanjutnya setelah membuka Google Slides, desain sertifikat sesuai dengan selera Anda, sebagai contoh format sertifikat yang digunakan pada artikel ini seperti pada gambar berikut.
Hal yang perlu Anda perhatikan pada desain sertifikat adalah bagian nama lengkap, karena nama tersebut nanti akan di generate secara automatis dari data pendaftar yang tersimpan pada spreadsheet.
Pada bagian nama, jangan diketik nama pesertanya akan tetapi di ketik tag <Nama_Lengkap> sesuai dengan nama kolom yang menyimpan data nama peserta di spreadsheet. Jika nama kolom mengandung spasi, maka di ganti dengan garis bawah.
2. Menghubungkan Isian Form Sertifikat Menggunakan Addon Autocrat
Setelah selesai membuat desain sertifikat menggunakan aplikasi Google Slide, Anda kembali ke file spreadsheet yang menampung data nama yang akan di tampilkan pada sertifikat.
Jika Anda sudah membuka file spreadsheet, selanjutnya klik menu Add-ons, kemudian arahkan kursor pada menu Autocrat dan klik menu Launch.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar