Jumat, 03 Maret 2023

ADMINISTRASI ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 



ADMINISTRASI ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024


Asesmen Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Dengan adanya Asesmen Madrasah maka perlu di buatkan administrasi sebagai pendukung pelaksanaan Asesmen Madrasah agar kegiatan berjalan sesuai prosedur dan tertib administrasi.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah dan pembentukan panitia pembuatan administrasi Asesmen Madrasah.

Kumpulan Administrasi Asesmen Madrasah Tahun 2024

BAB I

PENDAHUAN

 

 

A.     Latar Belakang

 

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi; 1) penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih; 2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada  akhir  semester  ganjil; 3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan 4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

 

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. AM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah MTs Darul Ulum sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan  untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka kami panitia Asesmen Madrasah dalam satuan pendidikan MTs Darul Ulum menyusun dan menetapkan Program Kerja (PK) Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024.

 

B.      Dasar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah

 

1.      Keputusan Menteri Agama melalui Direktur Jenderal Pendidika  Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

2.      Rapat Kepala Madrasah dan Dewan Guru MTs Darul Ulum Hari …….. tanggal …… Maret 2023 Tentang Pembentukan Panitia Asesmen Madarasah dan Program Kerja Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

C.      Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah

 

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan.

 

Asesmen Madrasah berfungsi sebagai :

1)     Indikator pencapaian kompetensi peserta didik

2)    Umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya.

3)    Pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan

 

D.     Prosedur Operasional Asesmen Madrasah

 

1.    Madrasah MTs Darul Ulum adalah satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan  dengan  kekhasan agama Islam.

2.    Asesmen Madrasah yang selanjutnya disingkat AM adalah ujian yang diselenggarakan oleh MTs Darul Ulum yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa  dengan  mengacu  pada Standar Kompetensi Lulusan.

3.    Kisi-kisi AM adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit  naskah soal AM yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian  Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

4.    Paket naskah soal AM adalah variasi perangkat tes, terdiri atas sejumlah butir soal atau penugasan kelas VII,VIII dan IX yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi AM.

5.    Lembar Jawaban Asesmen Madrasah yang selanjutnya  disingkat LJAM adalah salah satu bentuk lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal tes tulis AM.

6.    Bahan AM adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan AM yang mencakup naskah soal atau naskah tugas, LJAM atau lembar pengamatan/lembar penilaian, berita acara, daftar hadir, dan tata tertib

7.    Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang selanjutnya disingkat MGMP dan sejenisnya adalah yang mengembangkan soal-soal Asesmen Madrasah berdasarkan kisi-kisi sesuai KMA 183.

8.    Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dalam jaringan (daring).

9.    Hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan Asesmen Madarasah MTs Darul Ulum tercantum dalam Program Kerja.

 

 

 

 

BAB II

PESERTA ASESMEN MADRASAH

 

A.     Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah

1.   Jenjang MI/MTs/MA:

a.          Terdaftar pada tahun terakhir pada MTs Darul Ulum

b.         Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

c.          Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai  kelas  VII  semester I sampai dengan kelas IX semester I.

d.         Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester I sampai dengan semester V untuk penyelenggara Sistem Kredit  Semester (SKS).

e.          Jumlah peserta Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 terdiri dari :

Laki-laki : 22

Perempuan: 29

Dengan rincian jumlah sebagai berikut:

 

KELAS

L

P

NO. PESERTA

JUMLAH

9

22

29

24-13-32-2-0617-0001 s.d 24-13-32-2-0617-0052

51

JUMLAH TOTAL PESERTA

 

                       

NB. Atas nama AULA ZIYANAH ABIDAH HARAHAP no Peserta 24-13-32-2-0617-0022 NISN 0097795977 dinyatakan mengundurkan diri Karena tidak ada Kabar setelah Pelaksanaan Nominasi Peserta

Dafrat Peserta ASESMEN MADRASAH Terlampir

 

B.      Hak dan Kewajiban Peserta Asesmen Madrasah

1.   Hak Peserta AM

a.          Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan.

b.         Peserta AM yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti AM utama dapat mengikuti AM susulan.

2.   Kewajiban Peserta AM

a.          Peserta AM wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

b.         Peserta AM wajib mematuhi tata tertib peserta AM.

 

C.      Pendataan Peserta Asesmen Madrasah

1.   Pendataan peserta AM MTs Darul Ulum

2.   Kepala Madrasah penyelenggara AM menetapkan daftar peserta ujian dalam bentuk surat keputusan.

3.   Kepala madrasah mengatur dan menetapkan nomor peserta AM MTs Darul Ulum.

4.   Kepala Madrasah sebagai penyelenggara AM menerbitkan kartu peserta AM. Contoh Kartu Peserta Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum

 

Kartu Pesrtta ASESMEN MADRASAH Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

BENTUK DAN MATERI ASESMEN MADRASAH

 

A.     Bentuk Asesmen

1.      Bentuk Asesmen Madrasah pada MTs Darul Ulum berupa:

a.      ujian tulis (ujian semi online)

b.      ujian praktek Tahfidz Juaz 30

c.       penugasan, dan/atau

d.      portofolio

2.      Mata pelajaran Baca Tulis Al-Quran, Seni Budaya, Prakarya, serta mata pelajaran tertentu atas pertimbangan mutu pengukuran, diujikan dalam bentuk praktek atau penugasan.

 

B.      Materi Ujian

1.      Materi Asesmen untuk mata pelajaran umum mengacu  pada  kurikulum  2013 yang ditetapkan Kemendikbud.

2.      Materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang  Kurikulum  Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

3.      Materi Asesmen MTs Darul Ulum meliputi materi kelas VII, VIII dan IX

 

C.      Kisi-Kisi AM

1.      Kisi-kisi AM mata pelajaran selain PAI dan Bahasa Arab disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM.

2.      Kisi-kisi AM mata pelajaran Al Quran-Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

3.      Kisi-kisi      AM    disusun        berdasarkan         Standar       Isi     (SI)    dan      Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kurikulum yang berlaku.

 

D.     Naskah Soal AM

1.      Naskah soal AM disusun oleh Guru/kelompok guru mata pelajaran MI/MTs/MA

2.      Naskah soal AM disusun dengan mengacu pada kisi-kisi AM.


3.      Naskah soal atau tugas tidak mengandung unsur SARA, paham ektrim, radikal, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

4.      Jumlah butir soal online untuk Asesmen Madrasah masing-masing mata pelajaran sebanyak 50 butir soal.

 

 

E.         Prosedur Penyusunan Kisi-kisi dan Soal

1.      Kepala madrasah menetapkan guru penyusun kisi-kisi dan soal AM.

2.      Guru menyusun kisi-kisi soal AM.

3.      Guru menyusun naskah soal AM utama dan  susulan  yang  mengacu  pada kisi-kisi soal.

4.      Validasi      naskah       soal     AM    oleh     guru      yang     ditetapkan        oleh     kepala madrasah.

5.      Finalisasi naskah soal oleh guru mata pelajaran.

6.      Penyusun naskah soal menyerahkan kepada panitia AM di madrasah untuk digandakan dan/atau diinput pada aplikasi ujian yang digunakan pada setiap madrasah.

 

F.    Upload Naskah Soal

Penggandaan atau upload naskah soal dan kelengkapannya ke aplikasi EXTRAORDINARY Versi VDI Link download https://ekstraordinary.com/ dilakukan oleh panitia dan operator Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB IV

PANITIA & PELAKSANAAN ASESMEN MADRASAH

 

A.    Panitia Asesmen Madrasah

 

Panitia Asesmen Madrasah sesuai dengan hasil rapat dewan guru dan kepala MTs Darul Ulum pada tanggal 01 Maret  2024 yang kemudian ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/03/2024 tentang penetapan Panitia Penyelenggara Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan susunan panitia sebagai berikut:

 

Penanggung Jawab

: WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

Ketua Pelaksana

: WAHYU PANGESTUTIK, S.E

Sekretaris

: ZAKYATUL MUKARROMAH, S.S

Bendahara 1

: MOH. HISBULLAH HUDA, S.Pd.I

Operator

: M. MUSTAQIM, S.Pd

Anggota

: MOH. IMAM MUZAQI

 

: RIDA SAROH, S.Pd.I

 

: FATIHATUL INSIYAH, S.Pd

 

: KHOLIQ, S.Ag

 

:

B.     Mata Pelajaran Asesmen Madrasah

 

Mata pelajaran yang diujikan dalam Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum meliputi seluruh mata pelajaran pada kelas akhir masing-masing jenjang pendidikan. Berikut mata pelajaran yang diujikan pada Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024:

1

Alqur'an Hadits

2

Fiqih

3

Akidah Akhlak

4

SKI

5

Bahasa Arab

6

Bahasa Indonesia

7

Bahasa Inggris

8

Matematika

9

IPA

10

IPS

11

PPKN

12

Bahasa Jawa

13

Informatika

14

Seni Budaya (PRAKTEK)

15

Prakarya (PRAKTEK)

16

PJOK (PRAKTEK)

C.    Jadwal Asesmen Madrasah

 

Jadwal Asesmen Madrasah secara daring pada satuan pendidikan MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: Ketuntasan Kurikulum di MTs Darul Ulum Kalender Pendidikan MTs Darul Ulum Jadwal Pengumuman Kelulusan, dan Jadwal Pelaksanaan AM berdasarkan JUKNIS AM Kementerian Agama RI.

Berikut Jadwal Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum

JADWAL ASESMEN MADRASAH (AM)

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

No.

H A R I
TANGGAL

WAKTU

JAM
KE-

MATA PELAJARAN

WAKTU DURASI

 

Setiap Hari

06:30 - 07:30

 

SHOLAT DUHA DAN PEMBIASAAN DIRI

60 Menit

1

Senin
22 April 2024

07:30 - 09:00

1

Bahasa Indonesia

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

Aqidah-Akhlaq

90 Menit

2

Selasa
23 April 2024

07:30 - 09:00

1

Bahasa Inggris

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

Quran-Hadits

90 Menit

3

Rabu
24 April 2024

07:30 - 09:00

1

Matematika

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

Fiqih

90 Menit

4

Kamis
24 April 2024

07:30 - 09:00

1

I P A

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

S K I

90 Menit

5

Jumat
26 April 2024

07:30 - 09:00

1

I P S

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

INFORMATIKA

90 Menit

6

Sabtu
27 April 2024

07:30 - 09:00

1

P P Kn

90 menit

09:00 - 09:30

 

ISTIRAHAT

30 Menit

09:30 - 11:00

2

Bahasa Arab

90 Menit

11:00 - 11:15

 

ISTIRAHAT

15 Menit

11:15 - 12:00

3

Bahasa Daerah

60 Menit

 

 

 

 

 

 

1

SENIN,

06 MEI 2024

07:30 - SELESAI

1

PRAKARYA

PRAKTEK

2

SELASA,

07 MEI 2024

07:30 - SELESAI

1

PENJASKES

PRAKTEK

3

RABU
08 MEI 2024

07:30 - SELESAI

1

TATA BOGA

PRAKTEK

D.    Moda Pelaksanaan Asesmen Madrasah

 

Pada tahun ini MTs Darul Ulum menyelenggarakan Asesmen Madrasah dalam jaringan (daring). Alasannya untuk menghemat pengeluaran kertas selama pelakasanaan asesmen madrasah.

 

E.     Media yang digunakan dalam Asesmen Madrasah

 

1.      Extraordinary CBT  sebagai pusat pengolahan soal-soal ujian dan nilai hasil asesmen

2.      Media sosial seperti Whatsapp

3.      Komputer, Laptop dan Handphone

 

F.     Pemeriksaan dan Pengolahan Nilai Hasil Asesmen Madrasah

 

Karena ujian dilaksanakan dalam jaringan (daring), maka proses pemeriksaan dan pengolahan nilai hasil Asesmen Madrasah MTs Darul Ulum dilakukan secara komputerisasi.

 

G.    Tempat Asesmen Madrasah

 

Dilaksanakan dalam 3 ruang Ruang 01 ada di Ruang Lab Komputer , Ruang 02 ada di ruang kelas 7b dan Ruang 03 ada di ruang kelas 8a.

 

G.1 Denah Tempat Duduk Peserta

Terlampir

 

H.    Link Soal Asesmen Madrasah

Untuk Link siswa menggunakan Jaringan Wifi Local Tersedia di setiap Ruang Ujian

Dan Google chrome dengan ngtik Alamat address : 192.168.0.222

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.       Tata Tertib Asesmen Madrasah

TATA TERTIB  ASESMEN MADRASAH (AM)  DARING

MTs DARUL ULUM

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

1.         Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring akan dilaksanakan mulai hari Senin, 22 April 2024 s.d. hari Rabu 08 Mei 2024

2.         ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring adalah kegiatan yang wajib diikuti dengan penuh rasa ikhlas, semangat, tanggung jawab dan mandiri karena ASESMEN MADRASAH (AM)  merupakan salah satu syarat kelulusan; 

3.         Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring diperuntukkan bagi siswa yang aktif selama PJJ berlangsung, dan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;

4.         Peserta didik yang tidak tercantum namanya di form ASESMEN MADRASAH (AM)  wajib menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mapel baik itu semester Ganjil maupun Semester Genap 

5.         Kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM) dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah di share di grup ASESMEN MADRASAH (AM)

6.         Peserta didik diwajibkan masuk grup ASESMEN MADRASAH (AM)  karena di grup tersebut akan diinformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring;

7.         Media yang digunakan Smartphone (Hp) Android / direkomendasikan menggunakan komputer atau laptop;

8.         Tidak perlu koneksi internet Karena Menggunakan Jaringan LAN;

9.         Bagi peserta didik yang sedang tidak bearada di rumah (non PSBB/mudik/unsocial distancing) di luar tanggung jawab sekolah apabila ada kendala atau hal-hal yang memberatkan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring;

10.     Bagi peserta didik yang tidak mempunyai HP pelaksanakan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring dilaksanakan di LAB Komputer;

11.     Pastikan sudah membaca jadwal dan panduan sebelum mengerjakan soal;

12.     Link dan Password  akan dikirimkan di grup AM sesuai jadwal 10 menit  sebelum ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring   dilaksanakan;

13.     Asesmen ini hanya 1x respons tiap mata pelajaran, artinya siswa harus menyelesaikan terlebih dahulu soal mata pelajaran yang diujikan, jika belum selesai (dengan sengaja atau tidak sengaja keluar ) tidak bisa masuk kembali ke mata pelajaran yang sedang dikerjakan tadi dan dianggap selesai ;

14.     Panitia akan menganulir (membatalkan) bagi siswa yang sudah kirim hasil padahal ujian baru saja berlangsung dan tidak diberi kesempatan untuk mengulang;

15.     Panitia akan menganulir (membatalkan) bagi siswa yang kirim hasil lebih dari satu kali (menggunakan akun lain) dan tidak diberi kesempatan untuk mengulang;

16.     Peserta Asesmen wajib menyelesaikan segala macam tunggakan seperti LKS, Infaq dan biaya asesmen Madrasah;

17.     Adapun hal-hal yang belum tercantum dalam prosedur ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring   ini, akan diinformasikan selama kegiatan ASESMEN MADRASAH (AM)  Daring berlangsung.

 

 

BAB V

KRITERIA PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN

 

A.    Kriteria Kelulusan

 

Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan mempertimbangkan hal-hal berikut:

1.      Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

2.      Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan

3.      Mengikuti Asesmen Madrasah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

B.     Penetapan Kelulusan

 

1.      Kelulusan peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan guru MTs Darul Ulum

2.      Rumus perhitungan nilai kelulusan peserta didik sesuai dengan ketentuan dan perhitungan MTs Darul Ulum

3.      Keputusan rapat kelulusan peserta didik dituangkan dalam sebuah berita acara.

4.      Kepala madrasah menetapkan kelulusan peserta didik dalam bentuk Surat Keputusan.

5.      Kepala madrasah melaporkan kelulusan peserta didik kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

 

C.    Pengumuman Kelulusan Satuan Pendidikan

 

Pengumuman kelulusan MTs Darul Ulum diperkirakan selambat-lambatnya tanggal 08 juni 2024.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VI

ANGGARAN BIAYA ASESMEN MADRASAH

ITEM

 

SATUAN (RP)

VOL

JUMLAH

PENDAPATAN

 

  200.000

51

     10.200.000

PERSIAPAN

1. Rapat Panitia 1

150000

1

150000

2. Rapat Panitian 2

150000

1

150000

3. Rapat Dewan Guru

200000

1

200000

4. Penyusunan Kisi-Kisi dan soal AM

100000

16

1600000

5. Kuota Internet Aplikasi AM

200000

2

400000

6. Pas Foto siswa

40000

51

2040000

7. Pembekalan Sebelum Pelaksanaan AM

254800

1

254800

PELAKSANAAN

ATK

 

 

1. KERTAS A4 2 REM

55000

2

110000

2. Fotocopy berita acara dan absen

200

32

6400

3. Tinta print

180000

1

180000

MONITORING DAN EVALUASI

 

 

 

TRANSPORT

 

 

 

Transport Panitia 10 org ( 50.000 x 9 Hari)

50000

16

           800.000

Pengawas Ruang

50000

16

           800.000

OPERASIOANL OPERATOR

 

 

 

1. Entri Soal AM pada Aplikasi

15000

16

240000

2. Mengoperasikan Server

20000

8

160000

3. Pengelolaan Hasil AM

20000

16

320000

JUMLAH

 

KONSUMSI PANITIA DAN PENGAWAS RUANG

20000

16

320000

PENGELOLAAN NILAI

15000

16

240000

 

 

 

0

IJAZAH

 

 

0

1. Entri Nilai Ijazah Pada PDUM (Operator)

5000

51

255000

2. Penulisan Ijazah ( Penulis)

18000

51

918000

3. Arsip Ijazah (fotokopi)

200

204

40800

4. MAP Ijazah

15000

51

765000

 

 

 

 

0

 

LAPORAN Pertanggungjawaban

250000

1

250000

 

 

 

 

 

TOTAL PENGELUARAN

 

 

     10.200.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VII

PENUTUP

 

Program dan prosedur Asesmen Madrasah (POS AM) ini disusun untuk digunakan sebagai panduan bagi Guru, Kepala Madrasah, Pengawas, pengelola pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan asesmen madrasah, khususnya di MTs Darul Ulum Harapan kami semoga pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Daring ini berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan semoga penyelenggaraan asesmen madrasah dapat dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien.

 

 

Ketua,

 

 

 

WAHYU PANGESTUTIK, S.E

   NIP.

 

Jember, 19 Februari 2024

Sekretaris,

 

 

 

ZAKYATUL MUKARROMAH,S.S

  NIP.

 

Mengetahui

Kepala MTs Darul Ulum

 

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

                                                            NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

YAYASAN QOTROTUL ULUM KARANGREJO

MTs. DARUL ULUM

NSM : : 121235090037 STATUS : TERAKREDITASI NPSN :20581469

Jl. KH. Abdullah Hanafi No. 129 Telp. 08126918818 Kode Pos . 68165

KARANGREJO GUMUKMAS JEMBER

Email: madrasahtsanawiyahdu@gmail.com Wbsite: http://mtsdarululumgumukmas.com/

 

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024

TENTANG

PELAKSANAAN KEGIATAN ASESMEN MADRASAH (AM)

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

Menimbang                             : a.  Berdasarkan amanat Keputusan Direktur Jenderal  Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 dijelaskan bahwa perlu dibentuk Panitia Penyelenggara Asesmen Madrasah Pada Tingkat Satuan Pendidikan.

                                                        b. Bahwa untuk memudahkan satuan pendidikan dalam rangka mengukur Standar Kompetensi Lulusan.

                                                        c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a, dan huruf b perlu menetapkan Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum  tentang Susunan Panitia Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Mengingat                                :1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

                                                       2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah;

                                                       3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;

                                                       4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional:

                                                       5. Keputusan Direktur Jenderal  Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

 

Memperhatikan                     :        Hasil rapat Kepala Madrasah beserta Guru dan staf MadrasahTsanawiyah Darul Ulum Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember pada hari Senin, 01 Maret 2024 tentang Susunan Kepanitiaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

 

 

 

 

 

MEMUTUSKAN :

 

Menetapkan                            :        KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM NOMOR 027 TAHUN 2024 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024.

Kesatu                                        :        Menetapkan Susunan Panitia Ujian Tahun Pelajaran 2023/2024 sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keputusan ini

Kedua                                         :        Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan

Ditetapkan di Jember

Pada tanggal 19 Februari 2024

Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum

 

 

 

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 1

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024

TENTANG SUSUNAN PANITIA ASESMEN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

No

Nama

Jabatan Kepanitian

Keterangan

1.

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

Penanggung Jawab

Kepala Madrasah

2.

WAHYU PANGESTUTIK, S.E

Ketua Panitia

Waka Kurikulum

3.

MOH. HISBULLAH HUDA, S.Pd.I

Bendahara

Bendahara

4.

ZAKYSTUL MUKARROMAH,S.S

Sekertaris

GURU

5.

M. MUSTAQIM, S.Pd

Proktor

Operator

6.

MOH. IMAM MUZAQI

Seksi Perlengkapan

Guru Madrasah

7.

RIDA SAROH, S.Pd.I

Seksi Kesekretariatan

Guru Madrasah

8.

FATIHATUL INSIYAH,S.Pd

Seksi Konsumsi

Waka Sarpras

9.

KHOLIQ, S.Ag

Seksi Humas

Guru Madrasah

10

MASHUDI, S.Pd.I

PENULIS IJAZAH

Guru

Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum

 

 

 

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

NIP. ………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 2

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/03/2024

TENTANG TIM PENYUSUN SOAL ASESMEN MADRASAH (AM)  TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

No.

Pembuat Soal Mata Pelajaran

Nama

Keterangan

1

Alqur'an Hadits

KHOLIQ, S.Ag

K13

2

Fiqih

SHOIM,S.Ag

K13

3

Akidah Akhlak

RIDA SAROH,S.Pd.I

K13

4

SKI

M. SYAMSUL,S.Ag

K13

5

Bahasa Arab

ZAKYATUL MUKARROMAH,M.S.S

K13

6

Bahasa Indonesia

M. KOWIM,S.Pd

K13

7

Bahasa Inggris

M. MUSTAQIM,S.Pd

K13

8

Matematika

WIWIN ESTI RAHAYU,S.Pd

K13

9

IPA

SYAMSUL BAHRI,S.Pd

K13

10

IPS

WAHYU PANGESTUTIK,S.E

K13

11

PPKN

FATIHATUL INSIYAH,S.Pd

K13

12

Bahasa Jawa

ZAKYATUL MUKARROMAH

K13

13

Informatika

MUSTAQIM, S. Pd

K13

14

Seni Budaya (PRAKTEK)

RIDA SAROH

K13

15

Prakarya (PRAKTEK)

RIDA SAROH,S.Pd

K13

16

PJOK (PRAKTEK)

AGUS SALIM,S.Ag

K13

 

 

 

Ditetapkan di

:

JEMBER

 

 

Pada tanggal

:

19 Februari 2024

 

 

Kepala MTs DARUL ULUM

 

 

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

NIP. --

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 3

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024

TENTANG PENGAWAS RUANG ASESMEN MADRASAH (AM)  TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

NO. URUT

KODE PENGAWAS

NAMA PENGAWAS

MATA PELAJARAN YANG DIAMPU

1

E

KHOLIQ, S.Ag

Alqur'an Hadits

2

P

SHOIM,S.Ag

Fiqih

3

M

RIDA SAROH,S.Pd.I

Akidah Akhlak

4

L

M. SYAMSUL,S.Ag

SKI

5

K

ZAKYATUL MUKARROMAH,M.S.S

Bahasa Arab

6

F

M. KOWIM,S.Pd

Bahasa Indonesia

7

I

AGUS SALIM,S.Ag

Bahasa Inggris

8

J

SYAMSUL BAHRI,S.Pd

IPA

9

D

FATIHATUL INSIYAH,S.Pd

PPKN

10

O

ABU JAUHARI

IPA

11

N

MOCH. ALI KASMURI

B. ARAB

 

 

 

Ditetapkan di   : Jember

Pada tanggal   : 19 Februari 2024

Kepala Madrasah,

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

NIP. ………………………………

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 4

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

NOMOR : 027/YQU/MTs.DU/SK-AM/02/2024

DAFTAR PESERTA  ASESMEN MADRASAH (AM)  TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

No

Nama Lengkap

NISN

Jenis Kelamin

Tempat Lahir

Tanggal Lahir

Tingkat - Rombel

1

ADIT TIYA KURNIAWAN

0099707494

Laki-laki

JEMBER

2009-07-01

Kelas 9 - Kelas 9a

2

AHMAD ROMADHONI

0083067724

Laki-laki

JEMBER

2008-08-30

Kelas 9 - Kelas 9a

3

ANGGI DIAN RAHMAWATI

0081994841

Perempuan

JEMBER

2008-12-02

Kelas 9 - Kelas 9a

4

DEVI RAHMAWATI

3094475710

Perempuan

JEMBER

2009-05-04

Kelas 9 - Kelas 9a

5

DEWI HURIYAHTUL HIDAYAH

3089813532

Perempuan

JEMBER

2008-08-15

Kelas 9 - Kelas 9a

6

DEWI SANTI RAMADHANI

3084895032

Perempuan

JEMBER

2008-09-22

Kelas 9 - Kelas 9a

7

FAHMI AWANADHI MAFTUH

0084239150

Laki-laki

BANYUWANGI

2008-10-14

Kelas 9 - Kelas 9a

8

FAUZIAH KARIMAH EKA ANUGRAH

0085555768

Perempuan

JEMBER

2008-07-03

Kelas 9 - Kelas 9a

9

IRA SAFIRA

0097491605

Perempuan

JEMBER

2009-12-26

Kelas 9 - Kelas 9a

10

KEVIN ANDIKA

0099797438

Laki-laki

JEMBER

2009-05-23

Kelas 9 - Kelas 9a

11

KHOIRUL ANAM

3097440834

Laki-laki

JEMBER

2009-06-03

Kelas 9 - Kelas 9a

12

LUTFI ROSALINDA

0098905103

Perempuan

BANYUWANGI

2009-01-03

Kelas 9 - Kelas 9a

13

M. AZIZ AGUNG SAPUTRA

0091644817

Laki-laki

JEMBER

2008-11-20

Kelas 9 - Kelas 9a

14

M. NUR HAKIKI

3087457154

Laki-laki

JEMBER

2008-12-24

Kelas 9 - Kelas 9a

15

MOH ANDIKA

0081560878

Laki-laki

JEMBER

2008-04-18

Kelas 9 - Kelas 9a

16

MUHAMMAD ISLAM ABDILBAR

0082207540

Laki-laki

JEMBER

2008-08-16

Kelas 9 - Kelas 9a

17

NAILAL 'IZZAH

0102930702

Perempuan

JEMBER

2010-03-03

Kelas 9 - Kelas 9a

18

NAZRIL ILHAM IVANTIYO

3097372988

Laki-laki

JEMBER

2009-12-29

Kelas 9 - Kelas 9a

19

NURIL LATIFAH

3093415128

Perempuan

JEMBER

2009-05-22

Kelas 9 - Kelas 9a

20

OKTAVIONA CHUSNIA RAHMAWATI

0093573264

Perempuan

JEMBER

2009-10-05

Kelas 9 - Kelas 9a

21

QISMAYYA SYIFA'UL AF IDAH

3096048383

Perempuan

JEMBER

2009-09-28

Kelas 9 - Kelas 9a

22

RAHMAD ALI JAKA SUSANTO

0094201009

Laki-laki

DENPASAR

2009-07-21

Kelas 9 - Kelas 9a

23

RISKA AYU WIDYANINGRUM

0089885174

Perempuan

JEMBER

2008-02-21

Kelas 9 - Kelas 9a

24

SELA DWI AYU LESTARI

0094349137

Perempuan

JEMBER

2009-03-21

Kelas 9 - Kelas 9a

25

SITTI ROFITA

3082370924

Perempuan

JEMBER

2008-12-11

Kelas 9 - Kelas 9a

26

SYARIF AHMAD HIDAYATULLAH

0088820166

Laki-laki

JEMBER

2008-04-30

Kelas 9 - Kelas 9a

27

VINA ROSADAH

3099339718

Perempuan

JEMBER

2009-06-19

Kelas 9 - Kelas 9a

28

ADINDA SYIFAUR ROHMA

3099550113

Perempuan

LUMAJANG

2009-03-29

Kelas 9 - Kelas 9b

29

ALVIN NUR ROHMAN

0095276804

Laki-laki

BOJONEGORO

2009-06-12

Kelas 9 - Kelas 9b

30

ASHILA MAULIDA

3094540692

Perempuan

JEMBER

2009-03-18

Kelas 9 - Kelas 9b

31

AULA ZIYANAH ABIDAH HARAHAP

0097795977

Perempuan

JEMBER

2009-03-31

Mengundurkan diri

32

AYUNDA DINI FAJRIYAH

0098612440

Perempuan

JEMBER

2009-03-21

Kelas 9 - Kelas 9b

33

CAHAYA MAULIDIA FEBRIANI

0098796162

Perempuan

JEMBER

2009-02-26

Kelas 9 - Kelas 9b

34

DEVI RAMADANI

0082078300

Perempuan

JEMBER

2008-09-04

Kelas 9 - Kelas 9b

35

ECCHA SANDRA MUSTIKA

3092549321

Perempuan

JEMBER

2009-10-06

Kelas 9 - Kelas 9b

36

FARDA ROBI'ATUL ADAWIYAH

0083234112

Perempuan

JEMBER

2008-07-27

Kelas 9 - Kelas 9b

37

FIRMANSYAH HIDAYAT VELANI

0092751819

Laki-laki

JEMBER

2009-07-15

Kelas 9 - Kelas 9b

38

FITRI DEWI ANJANI

3080592827

Perempuan

JEMBER

2008-10-06

Kelas 9 - Kelas 9b

39

IBROHIM BIN ADHAM

0096673981

Laki-laki

JEMBER

2009-02-01

Kelas 9 - Kelas 9b

40

IKA MAULITA APRILIA

3108044811

Perempuan

JEMBER

2010-04-12

Kelas 9 - Kelas 9b

41

MARFELA TRI JUNIA SARI

0099285878

Perempuan

RUMAK

2009-03-02

Kelas 9 - Kelas 9b

42

MOCH. FIKRY RAZIEF AL FIROSYI

0093428748

Laki-laki

JEMBER

2009-01-01

Kelas 9 - Kelas 9b

43

MOHAMMAD EDWIN HABIBULLAH

3095773309

Laki-laki

JEMBER

2009-06-16

Kelas 9 - Kelas 9b

44

MOHAMMAD YACHYA SAPUTRA

0084566836

Laki-laki

JEMBER

2008-10-05

Kelas 9 - Kelas 9b

45

MUHAMMAD ABDUL KIROM SIDIQ

0084720232

Laki-laki

JEMER

2008-12-19

Kelas 9 - Kelas 9b

46

MUHAMMAD SEPTIAN ALFARISY

0075057833

Laki-laki

JEMBER

2009-09-25

Kelas 9 - Kelas 9b

47

MUKHAMAD KHOIRUL UMAM

3092518295

Laki-laki

JEMBER

2009-03-19

Kelas 9 - Kelas 9b

48

NOVELIA PUTRI SHINTA

0085229365

Perempuan

JEMBER

2008-11-21

Kelas 9 - Kelas 9b

49

RIFATUL MUNAWAROH

3086820165

Perempuan

LUMAJANG

2008-11-30

Kelas 9 - Kelas 9b

50

SYIFA AULIA HASNA

0099762799

Perempuan

JEMBER

2009-01-08

Kelas 9 - Kelas 9b

51

VERY BANU ARGI

3092212667

Laki-laki

JEMBER

2009-05-14

Kelas 9 - Kelas 9b

52

YULIANA LAILATUS SHOLIKHA

3091254275

Perempuan

JEMBER

2009-05-13

Kelas 9 - Kelas 9b

 

Ditetapkan di

:

JEMBER

 

Pada tanggal

:

19 Februari 2024

 

Kepala MTs DARUL ULUM

 

 

 

 

WIWIN ESTI RAHAYU, S.Pd

NIP. --

 

 

 

mushola

 

 

11 RUANG 02

14

RUANG 03

 

 

13

15

 

12

SEKERTARIAT

 

9

3

 

10

4

1

6

 

 

Lap. Olahraga

U

JALAN UMUM

5

2 LAB KOMPUTER

RUANG 01

 

8

7

 

 

AULA

 

WC PEREMPUAN

DENAH LOKASI KEGIATAN ASESMEN MADRASAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASESMEN MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

   ADMINISTRASI ASESMEN MADRASAH (AM) TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Asesmen Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan ma...